Mahasiswa KKN Unram Di Sembalun Lawang Perkenalkan Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Ke Pemuda

SKI l Lombok Timur-Teknik budidaya tanaman dengan hidroponik merupakan teknik modern yang akhir-akhir ini dikembangkan di dunia pertanian.

Dengan teknik ini kita bisa menanam berbagai jenis sayuran, tanaman sayuran misalnya kangkung, sawi, selada dan lain-lain sangat dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuh misalnya zat besi, vitamin dan lain-lain. Namun tidak setiap orang memiliki lahan yang cukup untuk menanam tanaman sayuran tersebut. Di sisi lain, sebenarnya setiap orang juga bisa menanam sendiri tanaman sayuran tersebut untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan vitamin.

Lahan yang sempit tidak menjadi alasan untuk tidak bercocok tanam, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa KKN UNRAM di desa Sembalun Lawang. Salah satu tujuan program kerja ini mempraktikan bagaimana menanam dengan keterbatasan lahan yaitu menanam selada dengan teknik Hidroponik vertikultur.

Sistem kerja hidroponik memanfaatkan air sebagai sumber nutrisi tanpa memanfaatkan media tanah. cara kerja hidroponik sendiri memanfaatkan kontrol atas kondisi lingkungan, suhu, PH dan pemaksimalan nutrisi serta air. Air yang mengandung nutrisi dialirkan ke paralon tempat tanaman atau bibit selada ditaruh, air tersebut berputar dan kembali ke dalam bak penampungan. Untuk mengalirkan air menggunakan mesin air kecil yang harganya cukup terjangkau.

Kegiatan dillakukan oleh mahasiswa KKN UNRAM di desa Sembalun Lawang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 23 juni 2021 di Tourism Information Center yang merupakan tempat biasa berkumpulnya pemuda karang taruna desa Sembalun Lawang. Mereka membuat rangkaian hidroponik dengan menggunakan bahan paralon dan besi sebagai penyangganya.

Di kecamatan Sembalun terutama desa Sembalun Lawang masih minim pemahaman tentang Hidroponik dikarenakan modal yang dibutuhkan cukup banyak padahal ada teknik hidroponik yang membutuhkan sedikit biaya, teknik ini cukup menguntungkan jika dijadikan bisnis jangka panjang. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan ibu-ibu PKK dan Karang Taruna setempat.

Kemudian dengan kondisi pandemi saat ini hidroponik merupakan pilihan yang tepat untuk kegiatan yang tidak perlu menimbulkan kerumunan. selain hanya membutuhkan lahan sempit kerangka hidroponik terlihat estetik jika ditempatkan di depan lahan rumah.

Penulis

Mahasiswa KKN UNRAM Di Sembalun Lawang

News Feed