Meriahkan Event Budaya Bau Nyale, Pemda Tampilkan Parade 1000 Putri Mandalika

SKI| Lombok Tengah – Event bau nyale atau menangkap cacing laut yang dijadwalkan pada 29 Februari -1 Maret di Pantai Seger, Kuta, Lombok Tengah nanti akan menampilkan 1000 Putri Mandalika.

Kepala Dinas Pariwisata Loteng Lalu Sungkul menerangkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan side Event bau nyale tahun ini, seperti penampilan 1000 putri Mandalika.

“Tahun ini kita akan tampilkan 1000 putri Mandalika terpilih untuk meriahkan Event tahunan ini,” ungkap sungkul Jumat (23|2).

Walaupun tahun ini, Bau Nyale tidak masuk dalam kalender Event nasional, namun pihaknya mengaku akan memeriahkan Event budaya itu secara maksimal.

“Memang tahun ini tidak masuk kalender nasional, tapi kita akan berusaha memaksimalkan acaranya,” tuturnya.

Kali ini, pihaknya tidak menargetkan berapa kunjungan wisatawan di acara bau Nyale, namun yang terpenting perekonomian masyarakat atau UMKM kecil tetap jalan.

“Jumlah kunjungan dilihat dari seberapa banyak orang yang belanja, bukan hanya datang saja,” jelasnya.

Selain itu, mantan Camat Sengkol itu berharap kepada pelaku pariwisata seperti perhotelan dan lainnya juga bisa memanfaatkan Event budaya tahunan ini dengan cara membuat paket untuk menarik wisatawan.

“Bukan kita saja yang bekerja, namun harus ada ikut andil dari para pelaku wisatawan juga, sehingga Event bau nyale kali ini tetao meriah seperti tahun-tahun sebelumnya,”.

Sementara untuk anggaran Event nyale tahun ini, pemerintah telah menggelontorkan anggaran sekitar 2 miliar. (Riki)