oleh

PD AMAN Lotim : Tolak Gerakan People Power, Aparat Harus Tegas

SKI, LOTIM – Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PD AMAN) Lombok Timur menyatakan dengan tegas menolak adanya gerakan people power karena itu menjurus terhadap gerakan makar yang terus disuarakan oleh pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu.Sehingga tentunya aparat penegak hukum baik itu Polri dan TNI harus bertindak tegas dalam masalah ini.

” Kami dengan tegas menolak gerakan people power kalau tujuannya untuk membuat situasi menjadi tidak kondusif, maka disinilah tugas aparat untuk menindaktegas,” tegas Ketua PD AMAN Lotim, Sayadi saat diminta tanggapannya.

Ia menjelaskan gerakan people power ini dipakai pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu.Hal ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan terhadap sistim pemilu yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena dianggap curang. Namun tentunya semua itu harus dibuktikan dengan fakta hukum melalui ranah gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Bukan malah melakukan people power, karena kalau sampai itu terjadi tentunya kita tidak percaya lagi pada sebuah sistim yang sudah disepakati oleh lembaga negara.

” Kalau memang ada fakta kecurangan dalam pemilu silahkan gugat ke MK, jangan melakukan gerakan people power dengan ujung-ujungnya akan terjadi benturan antara pendukung yang satu dengan maupun dengan TNI dan Polri nantinya,akan tapi hendaknya kita semua harus bijak dalam masalah ini,” ujarnya.

Oleh karena lanjut, Sayadi yang juga Ketua Serikat Masyarakat Selatan ini meminta kepada semua pihak untuk menahan diri jangan melakukan gerakan-gerakan yang akan dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Akan tapi hendaknya marilah kita bersama-sama mengikuti proses yang sedang berjalan.

Dengan mempercayakan kepada KPU dan Bawaslu untuk menuntaskan tugasnya, apalagi kalau kami lihat kalau pelaksanaan pemilu tanggal 17 April 2019 telah berjalan dengan aman, lancar, transparan dan demokratis sebagaimana yang diharapkan bersama.

” Kalah menang dalam sebuah kompetisi itu adalah hal yang biasa, begitu juga siapapun putra-putra terbaik bangsa ini yang terpilih nantinya maka itulah pilihan rakyat Indonesia yang harus didukung bersama-sama,” tukasnya.

Penulis : Rizal

Komentar

News Feed