oleh

Pemkab Lotim Akan Bentuk UPT Dukcapil Di Kecamatan

SKI,LOTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur akan membentuk Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil yang ada di masing-masing kecamatan. Dalam rangka untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Maka Wakil Bupati Lombok Timur (Lotim) H. Rumkasi SJ, membuka Lokakarya Pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lotim. Lokakarya ini, bekerjasama dengan KOMPAK NTB, Senin (1/4) di Rupatama I lantai II Kantor Bupati Lotim.

Wakil Bupati Lombok Timur, H.Rumaksi SJ menegaskan Pemerintah Daerah mengapresiasi setinggi tingginya penyelenggara Program KOMPAK dan berkolaborasi dengan para pihak yang telah menyelenggarakan percepatan pelayanan dokumen kependudukan.

Karena sebelumnya kantor Dinas Dukcapil seperti pasar malam, karena banyaknya praktik calon dan keterlambatan pelayanan dalam mengurusi dokumen kependudukan. Sistem blangko terpusat menyebabkan peluang praktik percaloan.

” Pemda mengajukan inisiasi pembentukan UPT Dukcapil walaupun softwafrenya belum lengkap dan akan dilengkapi menyesuaikan dengan perbaikan di masa masa yang akan datang,” tegasnya.

Sementara itu, Rumaksi menjelaskan kendala di pemerintah Kabupaten Lombok Timur adalah data dan sinkronisasi data di masing-masing Dinas. Perubahan nama di Kabupaten Lombok Timur sering terjadi, seperti berdasarkan nama anak pertama, cucu pertama maupun lainnya.

Sehingga detail perubahan kependudukan tidak boleh luput dari pantauan pemerintah dan masyarakat. Begitu juga dokumen kependudukan menjadi pintu masuk untuk mengakses layanan Negara, sehingga kepemilikan dokumen kependudukan adalah hak warga Negara dan Negara berkewajiban memenuhinya dengan system stelsel aktif.

” Walaupun sudah diselenggarakan di masing-masing kecamatan, tapi masih sebatas validasi saja. Sehingga, inisiasi membentuk unit kerja berbentuk UPT Disdukcapil, merupakan kebutuhan yang mesti diselenggarakan,” tandasnya.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed