Puluhan Hektar Hutan Sambelia Terbakar 

SKI l Lombok Timur-Puluhan hektar kawasan hutan di Sembelia  tepatnya di bukit Dedulang yang berada di wilayah KPH Rinjani Timur terbakar, Jumat sore kemarin. Dugaan sementara penyebab kebakaran karena para pemburu burung membakar lahan tersebut,akan tapi untung api sudah bisa dipadamkan.

Hal ini dibenarkan Kepala KPH Rinjani Timur,Lalu Ayyub saat dikonfirmasi, Sabtu (3|7).” Memang betul ada sekitar puluhan hektar kawasan hutan di Sambelia terbakar,” tegasnya.

Ia mengatakan pihaknya mendapatkan laporan itu langsung menuju lokasi dengan menggunakan dua arah,guna melakukan pemadaman terhadap api yang menjalar di lahan savana tersebut.

Namun saat melakukan pemadaman menuju arah wilayah gunung pegasingan tersebut mengalami kesulitan,karena bukitnya curam yang sangat berbahaya sekali kalau dilewati untuk melakukan pemadaman api.‎

” Tapi untuk api bisa padam dengan sendirinya,karena ada batu cadas yang menghalangi api tidak menyebar dan gerimis pada saat itu,” ujarnya.

Namun begitu lanjut,Kepala KPH Rinjani Timur ini, tetap mengantisifasi adanya kebakaran susulan, apalagi saat ini sudah masuk musim kemarau yang tentunya diminta warga untuk tidak melakukan tindakan membakar, membuang putung rokok maupun lainnya yang dapat menyebab terjadinya kebakaran hutan.

” Mari kita sama-sama lestarikan hutan kita dengan tidak membakar dan memotong kayu di hutan yang dampaknya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain,” pintanya.(Sam).

News Feed