oleh

21 Jam Hilang, KRI Nanggala 402 Akhirnya Ditemukan

SKI Bali | Kapal selam milik TNI Angkatan Laut dikabarkan hilang kontak saat menjalani latihan di perairan Bali Utara pada Rabu (21/4/2021).

TNI AL dilaporkan tengah memeriksa keberadaan kapal selam tersebut,
Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan kapal selam itu tengah menjalani latihan torpedo, Sejauh ini TNI hanya memastikan bahwa kapal selam buatan Jerman itu hilang sekitar 60 mil atau sekitar 97 kilometer utara Pulau Bali. Untuk itu tidak bisa dipastikan bagaimana kondisi prajurit TNI yang mengawaki kapal selam Nanggala 402 tetsebut.

Laksma TNI Julius berharap semua awak dalam kondisi selamat sampai nanti bisa dievakuasi, Ada sebanyak 53 prajurit TNI Angkatan Laut di dalam kapal selam yang telah berusia 40 tahun itu yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Ansori.

Kapal selam itu sedianya mendukung angkatan perang TNI AL dlm latihan serta ujicoba rudal yg sedianya digelar di Laut Bali, Bahwa kontak dengan KRI Nanggala 402 sudah bisa dilakukan, Akan tetapi salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI itu masih belum mampu untuk kembali naik ke permukaan Ucap Laksma Julius , Lebih lanjut laporan itu menyebut, lewat sonar aktif diketahui ada pergerakan di bawah laut di sekitar tumpahan minyak (oil spill).

Kapal selam KRI Nanggala 402 diprediksi mengalami masalah pada electric pump (mesin pendorong elektrik) dan batere.

KRI Nanggala 402 merupakan satu dari lima kapal selam yang dimilik Indonesia. KRI Nanggala merupakan kapal selam Tipe 209/1300 buatan Jerman, Kapal selama ini kali pertama tiba di Surabaya dari Jerman pada 8 Oktober 1981 atau 40 tahun lalu.Kapal selam ini bisa melaju dengan kecepatan lebih kurang 25 knot dengan mengandalkan mesin diesel elektrik. Kapal selam ini dijuluki sebagai monster bawah laut. Julukan ini bermula saat latihan operasi laut gabungan pada 8 April-2 Mei 2004, KRI Nanggala-402 menunjukkan kemampuannya menembakkan torpedo. KRI Nanggala-402 berhasil menenggelamkan KRI Rakata yang dijadikan sebagai sasaran tembak dalam latihan.

Diketahui, KRI Nanggala-402 aktif melakukan sejumlah misi penegakan kedaulatan, hukum, dan keamanan di laut Republik Indonesia . (sumber GNFI/red)

Komentar

News Feed