oleh

Bupati Lotim Serahkan Bantuan Bibit Bawang Putih Ke Petani Sembalun

SKI, LOTIM – Bupati Lotim, HM.Sukiman Azmy, Dengan disaksikan Komandan Korem (Danrem) 162 Wira Bhakti, Kolonel.CZI.Ahmad Rizal Ramdhani menyerahkan secara langsung bantuan bibit bawang putih kepada kelompok tani, Kamis (7|2).

Dengan jumlah untuk tahap pertama sebanyak ‎
985 ton bibit bawang putih.‎Untuk kemudian pendistribusian akan dilakukan secara bertahap.‎

Sementara Bupati akan memantau bantuan tersebut sampai proses penanaman agar tetap sasaran.Sedangkan di kecamatan Sembalun lokasi penanaman diatas seluas 1300 hektar. Dengan pendistribusian bibit bawang putih ini, berlangsung di Gudang I benih bawang putih Kecamatan Sembalun. 

Dalam penerimaan secara simbolis kepada 60 kelompok tani yang berasal dari lima desa yakni Desa Sembalun Bumbung, Sembalun Sajang, Sembalun Lawang, Sembalun dan Sembalun Timba Gading.

Dalam arahannya  Bupati Lotim, HM. Sukiman Azmy menegaskan sebanyak 985 ton bibit yang akan didistribusikan ini, merupakan program bantuan dari Kementerian Pertanian, dengan total anggaran Rp 64 Milyar. Dengan seharusnya . Sudah distribusi bibit dilakukan pada bulan November 2018 lalu. 

Akan tapi karena administrasi diinginkan Pemerintah pusat harus dilakukan sebaik-baiknya, membuat Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim, harus melakukan verifikasi ulang terhadap petani dan lahannya. 

” Masing-masing petani akan mendapatkan 600 kilo atau 6 kwintal bibit bawang putih per hektare,” tegas Bupati.

Selain itu,mantan Dandim 1615 Lotim menginginkan dalam  penanaman dengan cara sistem silang. Artinya, orang Sajang tidak usah menggambil bibit yang ada di Sajang, tetapi orang Sembalun Bumbung yang menggambil di Sajang dan akan atur sedemikian rupa.

Hal ini bertujuan agar  tidak terjadi hal-hal yang patut dicurigai. Begitu juga para petani yang telah menerima bibit, untuk segera bibit dipecahkan dan langsung ditanam. 

” Sembalun menjadi pusat Pembibitan bawang putih penyangga secara Nasional,” ujarnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa tahun ini Pemerintah akan mendapatkan 5000 ton  bibit bawang putih dari Kementerian Pertanian RI. 

” tahun ini kita mendapatkan lebih banyak lagi bibit bawang putih dari tahun kemarin,”tegasnya.

Ditempat yang sama Danrem 162 Wira Bhakti, Kol Czi Ahmad Rizal Ramdhani menegaskan bahwa potensi bawang putih Sembalun menunjukkan perhatian yang lebih. Apalagi dengan Sumber Daya Alam (SDA) Kecamatan Sembalun, cukup potensial terhadap penanaman bawang putih. 

Hal ini salah satu  peluang untuk masyarakat Sembalun, pasca terdampak gempa untuk bangkit dari keterpurukan. Bahkan pihaknya siap mendorong dan mensuppot para petani bersama-sama bercocok tanam untuk mengangkat nama dan ekonomi masyarakat Sembalun.

” Adanya  kolaborasi antara TNI/Polri dengan masyarakat, apa yang ditargetkan Menteri Pertanian yaitu 5000 ton itu tercapai, asal ada kemauan dari kita bersama,” tegas Rizal.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

 ‎

Komentar

News Feed