Dukcapil Loteng Luncurkan Program Begerusuk, Bupati; Kita Harap Dari Dinas Lain Juga Ada

SKI| Lombok Tengah– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Tengah (Loteng) kembali meluncurkan program inovasi untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Senin (24/5) di Ballroom Kantor Bupati Loteng.

Program tersebut merupakan program BEGERUSUK (Bersama Kita Gerakkan Mengurus Administrasi kependudukan). Program ini merupakan sebuah program yang bertujuan untuk menumbuhkan gerakan membangun sinergi dan kerjasama antara Disdukcapil dengan dinas atau instansi lain guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di semua lini yang bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Program Begerusuk ini sebenarnya bukan program baru, beberapa aksi sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu,” Ucap Baiq Anita Nindiana dalam penyampaiannya pada Senin (24|5)

Ia juga menerangkan, bahwa program tersebut diantaranya, pembukaan loket pelayanan Adminduk di 12 kecamatan, pembukaan loket pelayanan Adminduk di beberapa fasilitas kesehatan (RSUD, RS Yatofa Bodak dan beberapa Puskesmas). Selain itu, pelayanan keliling sambang dusun, membuka pelayanan kepada kelompok Lansia dan Difabel dan lainnya.

“Intinya, program Begerusuk hadir untuk memudahkan pelayanan dengan menyasar semua lini kepengurusan Adminduk di semua instansi,” Jelasnya

Lebih lanjut, Anita menerangkan bahwa semakin hari, permintaan untuk melengkapi Adminduk bagi masyarakat terus ada dan meningkat setiap hari seiring bertambahnya jumlah penduduk dan perkembangan zaman. Atas hal itu, harus diimbangi dengan pelayanan ekstra dengan berbagai terobosan. Salah satunya melalui program Begerusuk.

“Kami mohon kerjasama dinas-dinas atau instansi terkait untuk kesuksesan program ini,” pinta Anita.

Selain beberapa program yang menjadi bagian program Begerusuk itu, di Dinas Pendidikan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan Dukcapil Goes To School dan beberapa terobosan lainnya. Guna menyukseskan program 100 hari kerja bupati dan wakil bupati Loteng.

“Dalam launching program ini, kita juga menandatangi fakta integritas atau kesepakatan bersama dengan 12 Kades dan Lurah bersama Camat untuk mewujudkan desa Tertib Adminduk se-Loteng,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Loteng H.Lalu Pathul Bahri mengaku program ini sangat bagus dan sangat tepat di tengah besarnya harapan masyarakat kepada Pemda untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bagian Adminduk. Dimana, pelayanan Adminduk tersebut merupakan hal penting yang dibutuhkan masyarakat dan juga diharuskan untuk segera dan melengkapi berbagai jenis Adminduk itu.

“Selama ini Disdukcapil selalu dikeluhkan pelayanannya oleh masyarakat. Namun dengan program ini dan beberapa program lain yang sudah dan sedang berjalan, saya yakin semuanya bisa terurai satu persatu,” yakinnya.

Pathul Bahri juga terus menyemangati Disdukcapil agar terus berkarya dan terus berinonasi. Katanya, tugas pemerintah yakni sebagai pelayan, tentu pelayanan-pelayanan itu harus dipermudah dan harus dijangkau oleh semua pihak.

“Sekali lagi, terimakasih atas inovasi Disdukcapil dan dinas-dinas lain ditunggu gebrakannya untuk kita percepat program Loteng Bersatu Jaya. Yang terpenting, tingkatkan sinergi untuk menyukseskan itu semua,” pungkasnya. (riki)

Komentar

News Feed