oleh

Gubernur : Program Waste Management Akan Sukses diterapkan di NTB

SKI, Mataram – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menghadiri sekaligus membuka Workshop On waste Management di Aula Rinjani Bpsdm Provinsi NTB. Workshop yang dilaksanakan atas kerjasama Universitas Mataram dan Warsawa University Polandia ini menghadirkan narasumber langsung dari Polandia yakni Prof. Tomasz Szczygielski, PhD, Eng dan Arina Koroljova (23/1).

Gubernur menjelaskan kebiasaan yang ada di luar negri terkait masalah sampah.

“Mungkin karena saya tinggal cukup lama di luar negeri dan banyak melihat cara bekerja perusahaan-perusahaan multi nasional, disana ketika melihat sampah itu adalah hal yang tabu” ujarnya.

Bang Zul kemudian memaparkan beberapa kasus sampah yang terjadi di lingkungan sekitar.

“saya temui sendiri, banyak warga ataupun ASN, membuang puntung rokok secara refleks tanpa merasa melakukan kesalahan. Ini adalah persoalan sederhana, namun merubah cara pikir yang sulit” jelasnya.

Gubernur juga optimis program waste management akan sukses di terapkan di NTB.

“Warsawa University bukan universitas sembarangan. Tidak mungkin kita menjual daya pikat gili, namun sampah dibelakangnya luar biasa banyak. Saya dan Wakil Gubernur ingin program berjalan.

Ir. Madani Mukarom selaku Kepala Dinas LHK Provinsi NTB yang ditemui ditempat terpisah juga optimis mendukung NTB menerapkan Zero Waste Management dan optimis di 2023 seluruh desa di NTB akan memiliki bank sampah.

Penulis : Alfy

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed