oleh

Hj. Niken Bahas Pentingnya Peran Perempuan Dalam Pesta Demokrasi

SKI, Mataram – Ketua TP-PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., MSc saat memberikan materi pada RAPIMWIL KAMMI NTB, Sabtu (7/4).

Acara yang dilaksanakan di Wisma Seruni ini, mengangkat tema Peran Perempuan dalam Pesta Demokrasi 2019. Menurut data jumlah pemilihan tetap untuk pemilu 2019, 50,07% pemilih merupakan perempuan dan sekitar 40% dari total pemilih adalah kaum millenial atau yang biasa di sebut pemilih pemula.

Jumlah pemilih pemula pada pemilu 2019 mencapai sekitar 14 juta. Dari total 3,6 juta pemilih di NTB 20% diantaranya adalah pemilih pemula.

“Begitu banyak jumlah pemilih perempuan, muda dan pemula di Indonesia, apa jadinya jika tidak digunakan?” tuturnya.

Kebijakan 30% keterwakilan perempuan di legislatif, membuat perempuan harus berpartisipasi aktif dan memiliki peran penting dalam menentukan arah masa depan bangsa.

“Dengan terbukanya kesempatan bagi perempuan untuk masuk dan membuat keputusan penting bagi bangsa dan negara, maka melalui sistem politik perempuan dapat berpartisipasi langsung,” terang Hj. Niken.

Hj. Niken menjelaskan bahwa peran mahasiswa sebagai agen perubahan dan agen pengawasan sangat penting untuk keberhasilan pemilu. Mahasiswa sekecil apapun harus mengambil langkah-langkah positif untuk memperbaiki bangsa ini kedepan.

“Kalangan intelektual yang memiliki idealisme, semangat dan komitmen yang tinggi dalam mensukseskan pemilu,” tangkasnya.

Dalam sambutannya Hj. Niken juga menjelaskan institusi partai adalah sebuah lembaga yang hingga hari ini merupakan representasi dari pembangunan demokrasi. Sehingga yang salah dan yang dimusuhi bukan partainya tetapi oknum-oknum yang ada didalamnya.

“Sebagai generasi penerus, mahasiswa sudah selayaknya melakukan perubahan agar institusi partai kedepannya tidak lagi memiliki citra yang buruk,” pesannya.

Hj. Niken mengingatkan untuk tidak golput dan memilih calon anggota dewan yang tepat untuk duduk di lembaga legislatif. Karena calon anggota DPR yang tepat adalah salah satu cara untuk menyelamatkan negara ini dari beragam masalah.

Penulis : Alfy

Komentar

News Feed