oleh

KADES SIDOMULYO KANCA AR” TERAPKAN PROGRAM DANA DESA TAHAP AWAL

SKI, Lampung Utara – Ditahap awal dimana program dana desa di tahun 2019 dengan dana yang sudah dianggarkan pada awal tahun sebanyak 20% nya.

Pada saat di wawancarai di kantornya, kepala desa Kanca menjelaskan, Dimana jenis-jenis aitem kegiatan diantaranya ialah, Membuat pagar keliling di gedung kantor balai desa, gorong-gorong.

Di dusun 1,4,5 dan 6. Di tambah TPT dusun 3 sepanjang 70m, dan untuk pembangunanya sendiri dikerjakan oleh masyarakat saya, dan di bantu oleh aparatur desa dan di awasi oleh saya pribadi, beserta TPK saya tuturnya.

Dan disaat bersamaan juga awak media SKI mewawancarai pekerjanya, yang tak lain adalah masyarakat dari desa sidomulyo itu sendiri. Sebut saja maman, ia mengaku sangat berterima kasih teruta kepada kepala desanya, karna ia dipercaya dan dapat ikut bekerja dengan di bayar/gaji secara HOK demi untuk pembangunan yang ada di desanya, “saya pribadi juga dengan adanya pekerjaan yang ada di desa ini, bisa merasakan imbas positifnya. Yang dimana untuk tahun ini saya selaku petani kopi, untuk hasil dari kopi itu sendiri sedang dalam keadaan menurun, dalam arti kata buah kopi saya ditahun ini tidak seberapa lebat, ujarnya”dan tentunya dengan adanya pembangunan didesa dan saya dapat ikut bekerja/upahan. Tentu sangat-sangat membantu ekonomi di dalam rumah tangga saya tambahnya lagi.

“Kanca pun menambahkan kalau didalam Dana Desa (DD) itu harus pemberdayaan/padat karya tunai. Sampainya”.

Desa sidomulyo ini adalah salah satu desa yang berada di wilayah ruang lingkup kecamatan bukit kemuning,kabupaten lampung utara, dengan akses jalan untuk masuk kedesa tersebut.cukup lumayan memerlukan tenaga extra, karna jalan masuk kedesa tersebut cukup parah dan ada beberapa tanjakan terjal. Yang seharusnya dapat diperhatikan oleh pemerintah kabupaten, sehingga untuk pembangunan desa agak sedikit terhambat dan tentunya ada lagi biaya tambahan untuk memasukan matrial bangunan. Kedalam desa tersebut.

Penulis : ADE IRAWAN

Komentar

News Feed