oleh

Program PTSL Kelurahan Jatimurni Berjalan Lancar, 100 Sertifikat Diserahkan Secara Simbolis

SKI | Bekasi – Program pemerintah PTSL di wilayah Kelurahan Jatimurni berjalan lancar, hal tersebut dilaksanakan pada hari ini secara simbolis diberikan kepada 100 warga kelurahan jatimurni sertifikat tanah yang sudah rampung, pada hari kamis (31/03/22).

Diketahui PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Camat Pondok Melati Jaya Eko Setiawan, SH., MH dalam sambutanya, dalam rangka penyerahan secara simbolis sertifikat PTSL kepada warga, alhamdulillah pada hari ini 31 maret 2022 bisa terlaksana. Hal tersebut bisa terealisasi atas kerjasama dan komunikasi yang baik antara seluruh pemangku jabatan baik dari BPN Kota Bekasi, Rw, RT dan unsur kelurahan serta unsur masyarakat yang ada di wilayah kelurahan Jatimurni, ungkapnya.

Saya berharap untuk masyarakat yang menerima, karena selama ini hanya memiliki dasarnya yaitu girik, AJB dan sekarang alhamdullilah ada bukti Hak milik yaitu sertifikat sebagai bukti hak kepemilikan tanah yang resmi sesuai dengan undang-undang. Kiranya warga dapat menyimpan dengan baik surat tersebut, ucapnya.

Untuk yang belum menerima sertifikat tersebut, kiranya tolong di komunikasikan dengan baik, karena prosesnya kita bertahap dan insya allah karena ini sudah menjadi program pemerintah di tahun 2022, saya berharap bisa cepat selesai, harapannya.

Disisi yang sama, Endang Supriyadi salah satu perwakilan dari BPN Kota Bekasi yang menyerahkan secara simbolis Sertifikat kepada warga menuturkan, Per hari ini kita 500 sertifikat yang telah selesai dari keseluruhan 3.300 yang mengajukan, saya berharap di bulan juli ini keseluruhan 3.300 bisa selesai, sehingga kelurahan jatimurni ini lengkap, mangkanya sisanya 1.400 kita ajukan setelah yang 3.300 selesai, ungkapnya.

Harapan saya kepada masyarakat, untuk bisa yakin dan percaya untuk menyerahkan bukti-bukti asli yang lengkap, supaya bisa kita proses dengan lebih cepat, tegas Endang supriyadi.

Dari pantauan awak media, penyerahan sertifikat tanah program PTSL berjalan dengan lancar, warga antusias dengan adanya program tersebut karena sangat membantu, apalagi kita setatus surat tanahnya masih dasar masih girik dan AJB (Akte Jual Beli), dengan adanya program tersebut surat kita bisa jadi sertifikat. Hal tersebut diungkap salah satu warga Bp Epen kepada awak media setelah usai menerima Sertifikat secara simbolis. (why/red).