oleh

Wabup Lotim Resmikan Dam Di Kecamatan Lenek

SKI,LOTIM — Wakil Bupati H.Rumaksi.SJ.SH menghadiri acara peresmian sekaligus tasyakuran, atas selesainya pembangunan Reban Paok Dam Gapik II Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur, Rabu (27/3). 

Wakil Bupati H.Rumaksi.SJ.SH dalam sambutannya mengtakan dalam pembangunan bentuk apapun sangatlah mudah untuk membangunnya namun demikian yang paling sulit dilakukan adalah memeliharanya.

Untuk itulah dengan rampungnya pembangunan Reban Paok Dam Gapuk II yang mengairi lahan di dua kecamatan, yaitu Lenek dan Suralaga. Hendaknya  dapat dioptimalkan untuk memberikan nilai tambah pada usaha pertanian masyarakat di dua kecamatan tersebut khususnya. 

” Kepada GP3A saya berharap keberadaan Dam ini dapat mendorong GP3A untuk berinovasi, melihat serta mengembangkan potensi yang ada untuk manfaat sebesar-besarnya, dengan tetap menjaga dan merawat keberadaan Dam ini,” tegasnya.

Rumaksi menambahkan dalam  Membangun irigasi untuk memaksimalkan pengelolaan lahan pertanian adalah solusi mengatasi salah satu persoalan yang kerap dihadapi petani selain pupuk dan teknologi pasca panen. Pengelolaan air ini penting mengingat kebutuhan manusia terhadap air sangat tinggi, jelasnya. 

Selain berbicara masalah kesehatan dan pendidikan yang menjadi proritas utama kepemimpinannya,begitu juga tentang kemiskinan yang pada tahun 2018 menurut data BPS angka kemiskinan di Kabupaten Lombok Timur berkisar pada posisi 16,55 persen  atau sebesar 250 ribuan.

Tapi menurut data pada Dinas Sosial jumlahnya berbeda dengan data BPS yang mencapai 800 ribu atau 66 persen  dari jumlah penduduk Lotim sebanyak 1.3 juta jiwa. ini menjadi persoalan Lombok Timur terangnya.

”  Kedepan akan dilakukan singkronisasi data baik dari tingkat Dusun, Desa, Kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten dan selanjutnya akan dikirim ke Kementrian Sosial RI,” tandasnya.

Penulis : Rizal

Editor    : Red SKI

Komentar

News Feed