oleh

Bupati Lotim : Dibulan Suci Ramadhan Perbanyaklah Amal Ibadah

SKI, LOTIM – Silaturrahahmi Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim) dengan masyarakat selama bulan suci Ramadhan, terus dilaksanakan, dalam bentuk Safari Ramadhan tahun 1440 H / 2019 M. Dalam kegiatan ini, Bupati H.M.Sukiman Azmy didampingi Dorkompinda dan jajaran lingkup Pemda Lotim. Safari berlangsung di Masjid Misbahul Munir Desa Montong Gading Kecamatan Montong Gading, dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H, Minggu (12/5). Pada kesempatan itu juga, Bupati menyerahkan bantuan sebesar Rp. 20 juta dan Alqur’an pada pengurus masjid setempat.

Bupati Lotim H.M.Sukiman Azmy dalam arahanya menyampaikan, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama rombongan, dalam sikaturahmi dengan masyarakat Montong Gading, tidak banyak yang dibawa untuk masyarakat. Pemerintah hanya mampu memberikan Rp 20 Juta, sebagai stimulan untuk pembangunan Masjid Misbahul Munir ini. Lebih lanjut disampaikan Sukiman, Pemda telah menganggarkan sebesar Rp 5,9 Miliar, untuk honor guru ngaji, marbut dan alim ulama se-kabupaten Lotim. Honor itu, akan dirapel selama 12 bulan, dimana tiap bulannya mendapatkan Rp.250 ribu/orang.

Dalam waktu dekat menjelang Idul Fitri, honor akan dibagikan. Sehingga, honor itu bisa dimanfaatkan. Terkait belum terlaksananya pembangunan RTG diberapa tempat, Sukiman mengatakan semua ini disebabkan masih banyak kendala di lapangan. Dari Rp 800 Miliar yang harus diterima oleh Pemda Lotim sesuai yang diusulkan, Pemerintah Pusat baru memberikan setengah dari yang diminta, Rp. 420 Miliar. Artinya, yang diberikan hanya setengah, dari yang diharapkan untuk membangun RTG tersebut, Dasar itu, separuh RTG belum dibangunkan.

Pemerintah telah berupaya untuk mempercepat proses penyelesaian pembangunan RTG tersebut, dengan mengundang banyak aplikator dari luar Daerah. Akan tetapi, dana dari Pusat belum ada sehingga yang sudah tergolong RB belum terisi. Namun demikian ungkapnya, diharapkan masyarakat yang rumahnya RB dan telah terverifikasi untuk segera berkontrak, untuk mempercepat proses pembangunan RTG, Jika pada 17 maret yg lalu ada rumah yang belum terverifikasi, ia meminta didata ulang. Sehingga jika terjadi perubahan, hasil verifikasi tersebut akan di ajukan kembali ke pusat.

Pemerintah Kabupaten akan menginventarisir segala keluhan dan harapan masyarakat, untuk mempercepat proses penyelesaian pembangunan RTG tersebut. Pemilu 2019 serentak di Kabupaten Lotim, disebutnya terlaksana dengan aman, lancar dan kondusif. Atasnama Pemda Lotim, Sukiman memberikan ucapan selamat pada para pemenang, Pemilu kali ini, banyak petahana yang tidak terpilih kembali, dan banyak pula pendatang baru. Bagi yang terpilih, ia berharap dapat mengemban aspirasi masyarakat.

Sukiman juga berterimakasih pada masyarakat Lotim, yang telah berpartisipasi dalam Pemilu, Malam ini, adalah malam delapan Ramadhan, Artinya kita masih berada pada 10 hari pertama dimana Allah SWT menurunkan rahmatnya, pada semua yang berada dimuka bumi ini, apakah itu agama Islam, kongucu dan lainnya.

Oleh karena itu, ia mengajak manfaatkan bulan suci ramadhan dengan sebaik-baiknya. Hal ini dapat dilakukan dengan merubah diri kita, jika sebelum puasa banyak berbuat dosa, maka ada perubahan yang signifikan dalam diri kita, seperti senang bersedekah. Akan tetapi jika tidak ada perubahan itu, maka kita akan sangat merugi.

Maka dari itu, mari dengan pelaksanaan ramadhan ini, paksakan diri dalam berbuat kebaikan dan perbanyak amal ibadah, Jika pemaksaan ini berhasil, maka akan menjadi kebiasaan sehari hari. Karena pada bulan Ramadhan ini, apapun kebaikan yang dilakukan bernilai ibadah. Akan tetapi jika hal ini sulit dilakukan, minimal tidak melakukan perbuatan haram atau yang akan membatalkan puasa, karena Allah SWT, tidak akan memberikan pahala bagi mereka yang lalai atau bermalas-malasan.

Apalagi jika ia durhaka kepada orang tuanya maka tiada pahala puasa baginya walaupun ia seorang yang rajin dan taat dalam ibadah. Ada juga orang yang masih memiliki sifat iri, dan dendam yang tidak berkesudahan serta ia tidak menjalin silaturahami. Maka ini juga sangat dibenci oleh Allah SWT dan tiada baginya pahala puasa walaupun ia sedang atau melaksanakan ibadah puasa. Untuk itu pada kesempatan ini mari kita buka kembali hati kita dan saling maafkan. Mudahan kita semua termasuk dalam kategori kelompok yang mendapat Rahmat Allah SWT di bulan Ramadhan ini, ungkap Sukiman mengakhiri arahannya.

Penulis : Rizal

Komentar

News Feed