oleh

“Tolak Eksekusi Ibu Nuril”, Koalisi Nasional Akan Lakukan Aksi Damai

SKI – MATARAM – Dukungan kepada Baiq Nuril Maknun semakin menjamur, masyarakat yang simpati terus menggalakan sikap dukungannya dengan berbagai cara, baik berkirim surat langsung ke Mahkamah Agung maupun aksi damai, seperti yang akan dilakukan oleh Koalisi Save Ibu Nuril di Mataram besok pada saat car free day Minggu 18 November 2018.

Aksi damai ini diikuti oleh masyarakat yang simpati dan prihatin atas putusan MA ditingkat kasasi yang mengabulkan tuntutan JPU, sebelumnya Pengadilan Negeri Mataram Nuril dinyatakan bebas dan tidak terbukti melanggar UU ITE pasal 27 ayat (1), namun di tingkat kasasi nuril di vonis bersalah dengan hukuman 6 bulan penjara denda 500 Juta Rupiah, subsider 3 bulan kurungan penjara.

Para peserta aksi akan kumpul di depan Islamic Center di Jl. Udayana mengenakan kaos putih, kemudian berjalan menuju pusat kegiatan car free day guna menyampaikan tuntutan dan keprihatinan akan putusan MA yang dinilai tidak tepat terhadap korban pelecehan seksual Baiq Nuril oleh Haji Muslim sang kepala sekolah SMU N 7 Mataram di tahun 2012 tempatnya mengabdi sebagai tenaga honorer.

“Orasi akan dilakukan sepanjang longmarch sampai terhenti didepan kantor BPK udayana.” Jelas Nurjannah penanggung jawab aksi yang juga sebagai aktivis perempuan ini, saat dikonfirmasi oleh swarakonsumenindonesia.com. (17/11).

Adapun tuntutan yang akan disampaikan oleh Koalisi SaveIbuNuril diantaranya menolak eksekusi terhadap putusan MA kepada Baiq Nuril.

“tolak eksekusi ibu nuril, stop pelecehan seksual, revisi UU ITE, lindungi perempuan dari kejahatan seksual, dan pecat pelaku kejahatan seksual” jawab nur ketika ditanya materi yang akan dismpaikan pada saat aksi.

Aksi damai saveIbuNuril di tanggal 18 November 2018 ini tidak hanya dilakukan di Mataram namun berdasarkan pantauan awak media SKI di WAG #saveIbuNuril yakni di Pekanbaru, Denpasar, Palembang, Pontianak, Makasar, dan Jember.

Penulis : Rahmatul Kautsar

Editor : Red SKI

Komentar

News Feed